https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH | Mulyani | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH

Ari Mulyani

Abstract


Abstrak

 

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah (1) meningkatkan keaktifan belajar siswa menggunakan model pembelajaran make a match pada kelas V SD Negeri Kragilan Purworejo tahun ajaran 2013/2014. (2) meningkatkan prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran make a match pada kelas V SD Negeri Kragilan Purworejo tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kragilan Purworejo yang berjumlah 18 anak. Faktor yang diteliti berupa peningkatan keaktifan dan prestasi belajar matematika. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan tes prestasi belajar pada akhir siklus. Analisis data menggunakan analisis data diskriptif presentase. Hasil penelitian ini adalah bahwa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Sebelum dilakukan penelitian keaktifan siswa hanya mencapai 39% (kategori kurang). Pada siklus I keaktifan siswa mencapai 50% (kategori cukup) dan pada siklus II keaktifan siswa meningkat mencapai 60% (kategori aktif). Sedangkan untuk prestasi belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match hanya mencapai 47,39% (kategori kurang). Pada siklus I mencapai 67,22% (kategori cukup) dan pada siklus II meningkat 79,44% (kategori tinggi).

 

Kata kunci: Make A Match, keaktifan, prestasi belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v11i1.1593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.